Jumat, 23 Juni 2017

Cara Terbaru Budidaya Jamur Menggunakan Bonggol Jagung



Jamur merupakan salah satu materi kuliner yang menjadi favorit bagi vegetarian untuk mengganti daging. Teksturnya yang menyerupai membuat jamur menjadi primadona ketika ini.

Membudidayakan jamur memang sangat mudah. Hanya butuh kawasan yang lembab dan media untuk tumbuh, budidaya jamur sudah mampu dilakukan. Sehingga pemula pun mampu membudidayakan jamur sendiri di rumahnya dengan cara yang sangat sederhana.

Untuk anda yang akan memulai perjuangan budidaya jamur. Berikut cara terbaru membudidayakan jamur dengan bonggol jagung. Jamur yang dihasilkan pun sama dengan jamur pohon kelapa atau menyerupai dengan jamur merang.





Berikut caranya :


Bahan-bahan yang diharapkan

- Bonggol jagung

- Ragi 7 Butir

- Bekatul 5 Kg

- Urea 1 Kg

- Karung Goni atau serbuk gergaji

- Terpal Plastik

- Papan



Langkah Pembuatan

● Silahkan siapkan terlebih dahulu lokasi yang akan digunakan untuk kawasan media tumbuhnya jamur. Lokasi yang baik yaitu kawasan terbuka dengan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup.

● Buat susukan irigasi di episode tepi media supaya ketika hujan air tidak masuk ke media jamur.

● Susun papan sebagai pembatas sekaligus penahan media supaya tidak berantakan kemana-mana. Selain itu juga sebagai pelindung dari serangan hewan ternak menyerupai ayam.

● Setelah kawasan media tamat dibuat. Siapkan media dengan cara mencampurkan semua materi diatas menjadi satu (kecuali serbuk gergaji). Aduk hingga rata.

● Susun media dengan susunan karung goni pada episode paling bawah untuk alas. Namun supaya lebih ekonomis mampu anda ganti dengan serbuk gergaji. Setelah itu susun media dengan rata diatas bantalan karung goni atau serbuk gergaji.

● Siram dengan air bersih, dengan cara menggunakan daun supaya terbentuk siraman menyerupai percikan air hujan. Jangan terlalu banyak, cukup kelembapan 60% saja.

● Tutup dengan terpal plastik. Tunggu hingga 2 minggu. Sampai jamur terlihat mulai tumbuh dan mampu anda panen setiap sore hari.


Dalam perjuangan budidaya jamur dari bonggol jagung atau biasa disebut janggel ini. Biasanya akan menghasilkan masa panen yang cukup lama. Sekitar 1 bulan, asalkan dirawat dengan benar.

Hasil panen-nya pun juga cukup cepat diserap oleh pasar. Karena rasa jamur ini cukup enak. Dan harganya juga bersaing dengan jamur lainnya.