Sabtu, 22 Juli 2017

Cara Mudah Menanam Buah Naga Di Dalam Pot Agar Cepat Berbuah



Menanam atau membudidayakan buah naga didalam pot bukanlah hal yang mustahil. Sudah banyak yang mencoba dan ternyata bisa berbuah dan berhasil.

Selain itu, menanam buah naga didalam pot akan menunjukkan kesan estetika yang tinggi. Karena akan membuat tanaman menjadi lebih cantik. Sehingga dapat diambil 2 manfaatnya, yaitu hasil dan juga menjadi tanaman penghias taman atau halaman rumah.


Cara menanam buah naga didalam pot supaya cepat berbuah yaitu :


1. Siapkan Pot

Untuk hasil yang maksimal gunakan pot yang memenuhi kebutuhan ruang buah naga. Bisa digunakan pot dari semen, drum bekas atau dari tanah liat.

Pilihan yang ideal ialah dari tanah liat. Karena bisa menjaga suhu tetap pada siang dan malam hari. Yang terpenting ketika pemilihan pot ialah dari materi yang berpengaruh dan juga diameter pot minimal 40 cm.



2. Tiang Panjat

Tiang panjat untuk buah naga dalam pot bisa terbuat dari semen cor, atau dari balok kayu. Yang terpenting berpengaruh alasannya usia buah naga sangat lama.

Untuk diameter cukup 8 - 12 cm saja sesuai besar pot. Tingginya pun juga sesuaikan dengan besar pot, yaitu antar 1 - 1,5 meter. Bagian paling atas pada tiang panjat bentuk ibarat "+".



3. Pemilihan Media

Untuk menanam buah naga dalam pot supaya cepat berbuah tentu diharapkan media tanam yang berkualitas. Karena akar tanaman tidak dapat menjalar ke mana-mana.

Untuk media bisa di campurkan pupuk kompos, sekam bakar dan tanah subur atau gembur.


Perbandingan :

Pupuk kompos : sekam : tanah
1 : 1 : 2


Olah media ibarat menanam tanaman lainnya, jangan lupa siapkan pula tiang panjat dengan posisi sempurna berada di tengah pot.



4. Penanaman

Penanaman dilakukan pada ketika pagi atau siang hari. Caranya cukup mudah.
Yaitu :

● Buat lubang tanam di sekitar tiang panjat, 1 tiang panjat 3 lubang tanam.

● Ambil bibit yang telah disemai, tanam dalam lubang tanam yang telah disiapkan.

● Ikat batang buah naga dengan tiang panjat supaya lebih kuat. Lakukan pengikatan setiap buah naga tumbuh menjulur 20 cm.

Baca Juga : Cara Pembibitan Dan Memilih Bibit Buah Naga Yang Baik



5. Perawatan

Perawatan yang diharapkan dalam menanam buah naga di dalam pot ialah :


● Pemupukan

- Pemupukan setiap 3 bulan sekali, dosis 5 - 10 kg.

- Saat mulai berbuah dan berbunga tambahkan NPK dan ZK sebanyak 50 dan 20 gram.

- Tambahkan pupuk perangsang buah dan juga pupuk organik untuk memaksimalkan hasil.



● Pemangkasan

Ada 3 jenis pemangkasan utama. Diantaranya :


- Pemangkasan Pokok

Pemangkasan dilakukan pada tunas yang tumbuh dibagian bawah tunas utama. Tunas utama ialah tunas yang tumbuh pada bab atas. Tunas ini yang baik untuk pembentukan batang atau pohon.


- Pemangkasan Cabang Produksi

Pilihlah 3 batang utama yang baik untuk produktivitas buah. Yaitu 3 tunas di bab paling atas. Sisanya pangkas habis. Nantinya 3 batang tunas tersebut yang akan menjuntai kebawah dan memproduksi buah naga.


- Pemangkasan Peremajaan

Caranya, potong batang yang telah berproduksi 3 - 4 kali. Namun jangan sepenuhnya, sisakan 20 cm untuk pembentukan tunas bakal batang produksi baru. Pemangkasan jenis ini dilakukan secara bertahap, sehingga tidak ada penghentian proses produksi buah.



● Penyiangan

Penyiangan cukup dilakukan dengan mencabut rumput liar yang tumbuh disekitar pot. Bisa menggunakan tangan kosong saja.



● Penyiraman

Lakukan penyiraman 2 - 3 kali dalam sehari. Terutama pada ketika ekspresi dominan kemarau. Sehingga tanaman buah naga tidak kekurangan air.


● Peremajaan Media Tanam

Hal ini harus dilakukan supaya tanaman tetap memiliki sumber unsur hara yang dibutuhkan. Caranya bisa mengganti separuh media dengan media baru. Lalu tambahkan pupuk cair untuk mempercepat proses recovery.