Selasa, 25 Juli 2017

Cara Pembibitan Dan Memilih Bibit Buah Naga Yang Baik



Cara pembibitan buah naga tergolong mudah tapi agak sulit. Karena dalam pemibibitan harus dilakukan secara bertahap supaya bibit yang dihasilkan berkualitas. Serta memilih calon bibit yang akan di gunakan pun harus di perhatikan.

Untuk cara pembibitan buah naga ada 2 cara. Yaitu :

1. Biji

Pembibitan buah naga dengan biji dapat diambil dari biji buah naga yang sudah matang. Namun cara ini sangat sulit dan hanya pembudidaya pakar yang kemungkinan mampu melakukannya.


2. Dengan Stek Tunas

Cara ini yaitu dengan menggunakan batangnya sebagai pembibitan buah naga. Cara stek tunas merupakan cara yang umum dan sering dipakai oleh para petani.


Dari kedua cara diatas, kali ini akan kami berikan cara atau tips untuk membuat bibit buah naga dengan stek tunas batang.


Berikut caranya :

● Pilih batang buah naga yang memiliki diameter minimal 8 cm. Berwarna hijau bau tanah dan teksturnya keras. Jika diameter batang lebih besar justru lebih baik. Karena akan membuat tanaman menjadi lebih kokoh.

● Pemilihan batang setidaknya yang sudah pernah berproduksi atau berbuah sebanyak 3 - 4 kali. Karena akan lebih produktif di banding bibit dari batang yang belum pernah berbuah.

● Setelah tamat memilih batang, potong sepanjang 120 cm.

● Setelah itu, potong kembali dengan panjang 20 cm atau setidaknya memiliki 4 mata tunas.

● Salah satu ujung batang buatlah menjadi runcing.

● Setelah itu biarkan hingga getahnya mengering. Karena kalau belum kering maka akan menimbulkan amis akar.

● Setelah getah mengering, semai pada plastik polibek. Dengan ujung runcing pada bab yang di tanam sedalam 5 cm.

● Tempatkan semaian bibit pada daerah yang sejuk namun cukup sinar matahari.

● Lakukan perawatan dengan penyiraman rutin 2 - 3 hari sekali.

● Setelah 3 ahad akan muncul tunas pertama. Setelah 3 bulan bibit akan memiliki tinggi 50 - 80 cm dan siap ditanam pada lahan.


Yang terpenting dalam pembibitan ini yaitu pemilihan induk batang pohon yang harus teliti. Agar sifat baik induk buah naga dapat menular atau dimiliki oleh bibit turunannya.