Sabtu, 29 Juli 2017

Pakan Alternatif Ikan Gabus Untuk Mempercepat Pertumbuhan



Pakan alternatif untuk ikan gabus tentu diharapkan oleh para pembudidaya. Tujuannya untuk mengurangi biaya produksi pakan.
Dan tentunya pakan alternatif yaitu pakan yang mudah untuk dicari. Selain itu, cita-cita penggunaan pakan alternatif ini supaya ikan gabus cepat besar.

Beberapa pakan alternatif ikan gabus dibawah ini mungkin bisa menjadi pilihan anda.

Berikut pakan alternatif ikan gabus yang memiliki standar gizi :


1. Keong

Keong mengandung banyak protein. Sehingga bisa digunakan untuk pakan alternatif ikan gabus. Namun kendalanya ikan gabus tidak begitu menyukainya.


2. Bekicot

Bekicot atau siput sudah sangat terkenal dan terbukti bisa mempercepat pertumbuhan ikan. Karena mengandung protein yang juga cukup tinggi. Ikan gabus pun juga menyukainya.

Yang menjadi kendala yaitu bekicot sangat susah ditemukan kalau ekspresi dominan kemarau. Sehingga anda harus berfikir ulang untuk menggantikannya saat sudah mulai susah didapatkan.


3. Ikan Rucah

Ikan rucah bisa anda temukan di kawasan lelang ikan. Harganya pun tergolong sangat murah. Sehingga bisa dijadikan pakan alternatif yang tinggi akan protein.

Cara pemberiannya juga mudah, cukup potong kecil-kecil sesuai umur ikan gabus. Usahakan jangan terlalu lembut. Atau bisa juga memperlihatkan ikan kecil yang masih hidup.


4. Nasi

Pakan alternatif terakhir yaitu nasi. Namun pakan alternatif ini jangan terlalu banyak anda pakai. Karena minim protein.

Cara menggunakannya bisa di campur dengan pakan pabrikan atau pelet ikan. Lalu berikan kepada ikan.


Untuk ikan gabus sendiri bahwasanya sangat mudah. Karena ikan ini ikan karnivora. Dan aneka macam pakan alternatif yang bisa digunakan. Atau anda bisa meracik pakan buatan sendiri dirumah.