Selasa, 08 Agustus 2017

Pakan Terbaik Ternak Sapi Untuk Penggemukan



Banyak sekali panduan cara membuat pakan ternak sapi. Baik itu pakan sapi alternatif maupun pakan sapi hasil fermentasi. Intinya juga sama yaitu berujung pada pakan untuk penggemukan ternak sapi.

Sebenarnya mau memakai cara apapun sah-sah saja. Namun, dari cara yang dilakukan harus memenuhi standar dalam proses penggemukan dan pemenuhan asupan gizi pada sapi tersebut.
Sehingga cara modern pun percuma bila kebutuhan gizi sapi tidak dipenuhi.



Daftar kebutuhan gizi sapi


Untuk itu, kalau anda akan memulai ternak sapi dan berniat melaksanakan penggemukan, maka sediakan terlebih dahulu komposisi pakan terbaik untuk penggemukan ternak sapi.


Berikut deretan jenis pakan terbaik untuk proses penggemukan :


1. Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat merupakan sumber protein terbanyak dan terbaik untuk ternak sapi. Terutama konsentrat protein yang memiliki >20% protein kasar.

Protein ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sapi. Sehingga proses penggemukan dapat dilakukan dengan cepat. Pakan konsentrat sangat dianjurkan untuk perjuangan penggemukan sapi.



2. Rumput Gajah

Selain menggunakan konsentrat, dalam penggemukan sapi juga harus diberikan pakan hijaun. Sehingga nutrisi yang diharapkan dapat tercukupi.

Salah satu pakan hijauan berkualitas tinggi yaitu rumput gajah atau biasa disebut dengan rumput gajahan. Kandungan gizi dalam rumput gajah sangat tinggi. Yaitu :

- Protein 8,4-11,4%

- Lemak 1,7-1,9%

- Serat  berangasan 29,5-33%

- Daya cerna 52%



3. Kolonjono

Salah satu pakan alami berkualitas tinggi lainnya yaitu kolonjono.
Kandungan gizi terutama protein dalam kolonjono sangat bermanfaat dan membantu mempercepat penggemukan sapi.


Dalam kolonjono mengandung :

- Protein 8,59%

- Lemak berangasan 1,31%

- Serat berangasan 12,80%


Itulah 3 pakan terbaik untuk penggemukan sapi. Cara perlindungan pakannya yaitu terlebih dahulu berikan pakan konsentrat lalu di susul dengan perlindungan pakan hijuan. Bisa rumput gajah ataupun kolonjono. Keduanya mampu dipakai sebab sama-sama berkualitas tinggi.