Senin, 03 Juli 2017

Cara Memulai Usaha Pabrik Tahu Skala Rumahan



Memulai perjuangan produksi tahu skala rumahan tidak begitu sulit. Yang terpenting anda mengerti bagaimana cara membuat tahu yang di butuhkan oleh konsumen.

Sebelum memulai perjuangan produksi tahu, hal-hal yang perlu anda persiapkan antara lain :


1. Siapkan Operasional Secara Matang

Dari segi peralatan dan juga materi tentu harus anda persiapkan dengan sangat matang. Karena perjuangan produksi makanan akan lancar apabila hasil juga maksimal.

Saya rasa kalau anda akan memulai perjuangan tahu, tentu sudah mampu dan paham seluk beluk bagaimana cara pembuatan tahu dan juga alat serta materi yang dibutuhkan.





2. Penentuan Harga Jual

Dalam industri modern, persaingan harga sangat menentukan. Dimana produsen dengan harga yang sedikit lebih murah tentu akan menerima keuntungan yang banyak. Karena berbagai konsumen yang akan berlangganan dengan-nya.

Hal ini juga berbanding lurus dengan kebiasaan atau teladan pikir masyarakat Indonesia.
Perhatikan harga jual tahu yang telah diproduksi. Usahakan selisih beberapa rupiah dan jangan hingga tidak mencukupi biaya produksi.


Sedikit tips yang mungkin mampu anda terapkan :

● Jual tahu dengan harga yang relatif lebih murah, misal Rp 25,-

● Kemungkinan pelanggan tidak akan menghitung harga tersebut dan menganggapnya sama. Artinya, mereka menganggap tahu anda harganya sama dan tidak ada beda dari tahu lain.

● Cara mengatasinya, jual dengan harga yang sama. Tapi, apabila membeli lebih dari 10 biji tambahkan bonus 1 biji. Maka akan lebih terlihat oleh konsumen atau pembeli.



3. Pemasaran Yang Merata

Untuk memasarkan tahu, anda mampu melaksanakan dengan 3 cara. Yaitu :


● Menggandeng Agen atau Pedagang Pasar

Dengan cara ini anda tidak perlu repot mengantar tahu. Tentu mereka yang akan mengambil dari daerah produksi. Sehingga akan membuat biaya pemasaran relatif lebih sedikit.

Namun masalahnya tentu akan membuat harga menjadi lebih rendah. Namun secara matematis, nilai profit akan tetap sama.



● Memasok Warung Sayur

Anda juga mampu memasok kepada warung-warung penjual sayur. Namun cara ini tidak efektif. Karena biasanya warung sayur hanya membutuhkan beberapa biji. Namun tidak ada salahnya anda melaksanakan pemasaran jenis ini.



● Memasok Pedagan Aneka Gorengan Tahu

Banyak sekali camilan yang berbahan dasar dari tahu. Seperti tahu bulat, tahu krispi, tahu sumedang dan lain-lain.
Anda juga mampu memasok para pedagang tersebut. Biasanya mereka membutuhkan pasokan yang kontinyu setiap hari dan jumlahnya cukup banyak.



Saran yang paling mendasar :

Anda jangan hingga memulai perjuangan tahu apabila belum pernah magang di pabrik tahu. Jangan hanya alasannya yakni mampu membuat tahu dari browsing saja membuat anda tertarik untuk membuka perjuangan ini.

Masih banyak perjuangan jenis lain yang cocok dengan minat, keahlian serta passion yang anda miliki.