Rabu, 07 Juni 2017

Cara Budidaya Strawberry Skala Rumahan Media Polybag



Budidaya Strawberry dalam media polybag sangat mudah dilakukan. Selain itu, budidaya tanaman ini mampu sangat menguntungkan. Karena mampu dijual hasil buahnya ataupun juga mampu dijual hasil bibit Strawberry tersebut.

Untuk cara menanam Strawberry dalam media polybag, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Tapi sebab ini yakni skala rumahan, maka cukup siapkan daerah dan juga media menyerupai penanaman tanaman lainnya.

Jika menginginkan hasil yang maksimal, ikuti aturan yang diharapkan untuk menanam buah Strawberry tersebut. Diantaranya yakni :

● Suhu ideal untuk tanaman Strawberry yaitu antar 17 - 20 derajat Celcius.

● Kelembaban yang cantik antara 70% - 80%

● Mendapat sinar matahari yang cukup, idealnya 7 - 10 jam per hari.

● Untuk curah hujan dan juga ketinggian mampu diatasi sebab menggunakan media polybag.



Cara Penanaman

1. Pembibitan

Untuk pembibitan ini setidaknya anda harus beli terlebih dahulu pada penyedia bibit Strawberry. Karena bibit Strawberry diambil dari tunasnya. Sama dengan tanaman pisang.

Setelah memiliki Strawberry yang akan digunakan sebagai bibit. Rawat sampai Strawberry muncul tunas. Tunas inilah yang akan anda gunakan sebagai proses pembibitan lebih lanjut.


2. Proses Penanaman

Proses penanaman cukup singkat dan mudah. Karena menanam Strawberry ini tidak perlu perlakuan khusus. Hampir 80% pemula dapat mempraktekan-nya.


● Siapkan media yang akan digunakan yaitu tanah gembur, sekam padi, dan pupuk kandang. Perbandingan media yaitu 2 : 1 : 1. Dimana tanah gembur menjadi perbandingan yang paling banyak.

● Campur jadi satu media tersebut. Lalu masukkan kedalam polybag.

● Ambil tunas yang telah diperoleh dari indukan sebelumnya. Tanam menyerupai menanam tanaman pada umumnya.

● Tempatkan polybag pada daerah yang memenuhi kriteria diatas. Seperti suhu dan juga kelembaban serta proses penyinaran cahaya matahari.

● Lakukan penyiraman sehari 2 kali. Agar tanaman tidak kekurangan asupan air.

● Jika menginginkan hasil organik. Tidak perlu ditambahkan pupuk kimia. Namun jikalau akan ditambahkan pupuk kimia gunakan pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan per polybag. Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur 2 bulan.


Masa panen tanaman Strawberry pun terbilang sangat cepat. Hanya butuh waktu 2 - 3 bulan Strawberry sudah mampu menghasilkan buah setiap harinya.